Sabtu, 24 April 2010

Komponen-komponen SOA

Setelah sebelumnya dibicarakan mengenai definisi-definisi "SOA", berikut akan dijabarkan mengenai komponen-komponen dari SOA serta keuntungan SOA dari berbagai sumber.

Komponen-komponen SOA:

1. ESB (Enterprise Service Bus)
  • ESB adalah sebuah platform untuk meletakan abstraksi service atau service wrapper, sehingga services tersebut nantinya dapat digunakan BPM (Business Process Management) untuk membentuk bisnis proses yang menggunakan banyak service. Sebuah ESB memiliki bus yang bertugas untuk menyalurkan informasi antara client, server, dan device yang terhubung.
  • Tugas utama dari ESB adalah untuk saling menghubungkan service dengan aplikasi yang ada, dengan demikian dapat menghilangkan ketergantungan komunikasi point-to-point antara service dengan aplikasi.
  • 2. BPM (Business Process Management)

  • Business Process Management adalah sebuah studi manajemen yang berfokus pada pengorganisasian kebutuhan dan permintaan client sehingga menghasilkan output yang efektif dan efisien, juga membuat inovasi yang berintegrasi dengan teknologi.
  • 3. Service

  • Service yang digunakan dalam SOA harus memiliki sifat loose coupling dan memiliki fungsi yang dapat dipanggil dari luar service itu sendiri. Loose coupling berarti sebuah service itu tidak bergantung pada bahasa yang membangunnya, bebas dari ketergantungan platform, dan tidak bergantung pada lokasi dan juga dapat di-integrasikan dengan sistem yang ada. Tujuan utama dari loose coupling ini adalah untuk mempermudah proses lepas / pasang pada sistem yang sudah berjalan, dan arti kata mudah disini adalah, bahwa pada saat sebuah service di-lepas/pasang, tidak ada perubahan yang berarti pada sistem yang sedang berjalan.
  • 4. User Interface : untuk menjalankan bisnis proses yang ada di BPM.

    Enterprise architects percaya bahwa SOA dapat membantu bisnis dalam merespon lebih cepat dan lebih cost-effectively dalam menghadapi situasi pasar yang selalu berubah-ubah. SOA memungkinkan reuse dalam level makro (services) dibandingkan pada level mikro (classes). Selain itu SOA juga dapat menyederhanakan hubungan interkoneksi kepada dan penggunaan dari- aset-aset IT yang sudah ada.
    [http://en.wikipedia.org/wiki/Service-oriented_architecture]

    SOA dengan berbagai macam standarnya yang tersedia luas, memiliki beberapa keuntungan [Raghu R. Kodali, JavaWorld.com, 06/13/05] :

  • SOA memungkinkan reusability (mengunakan kembali) aset-aset atau investasi yang sudah ada dalam perusahaan dan memungkinkan dibuatnya aplikasi-aplikasi baru diatas aplikasi yang sudah ada.
  • SOA memungkinkan dilakukannya perubahan atas aplikasi dengan tetap menjaga clients atau service konsumen terisolasi dari perubahan evolusioner yang terjadi dalam implementasi service.
  • Dengan SOA, dapat dilakukan pengembangan baru pada services individu atau services konsumen tanpa perlu menulis ulang seluruh aplikasi atau tetap menyimpan sistem yang ada yang sudah tidak lagi berhubungan dengan kebutuhan bisnis yang baru.
  • SOA memberikan perusahaan kemampuan fleksibilitas yang lebih baik dalam membangun aplikasi dan proses bisnis secara cepat dengan mengembangkan infrasturktur aplikasi yang sudah ada dalam membuat services baru.
  • Keuntungan SOA berdasarkan SUN :

  • Membantu menyusun (architect), mengimplementasikan dan mengatur solusi-solusi.
  • Membantu memastikan keunggulan yang kompetitif dengan tetap mengikuti regulasi yang ada.
  • Membantu mengurangi IT cost dan kompleksitas, dengan tetap mempercepat mendapatkan investasi kembali.
  • Memungkinkan untuk memprediksi susunan dan mengoperasikan secara aman (secure) serta efisien, dengan tetap menjalankan high levels of service kepada users dan konsumen.
  • Membantu mengurangi total cost of ownership dari operasi datacenter sampai manajemen services.
  • dari berbagai sumber:

    http://www.sun.com/products/soa/offerings.jsp
    http://digilib.itb.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptitbpp-gdl-stenlyrich-31311
    http://www-01.ibm.com/software/lotus/products/dominodesigner/
    http://www-01.ibm.com/software/solutions/soa/offerings.html?
    http://msdn.microsoft.com/en-us/library/bb833022.aspx
    http://www.microsoft.com/soa/products/default.aspx
    http://www.eds.com/insights/perspectives/soa/
    http://en.wikipedia.org/wiki/Service-oriented_architecture
    Christopher Koch, “A New Blueprint For The Enterprise”, CIO Magazine, Mar 1 2005

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar